Sabtu, 19 Desember 2015

KISI-KISI UN SMA BHS. INDONESIA 2016

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia

NO.
POKOK BAHASA
INDIKATOR
LEVEL KOGINITIF
I
Membaca Nonsastra
1. Siswa mampu
·         memaknai istilah
·          mengidentifikasi informasi tersurat
Pemahaman dan Pengetahuan 
·         Mengidentifikasi
·         Memaknai

2. Siswa mampu
·         menemukan ide pokok
·         menemukan inti kalimat
·         menentukan makna rujukan
·         menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra

Aplikasi 
·         Menginterpretasi
·         Menangkap
·         Menggunakan

3. Siswa mampu
·         membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks
·         menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi
·         membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
·         mengomentari isi teks - menunjukkan bukti suatu simpulan

Penalaran 
·         Membandingkan
·         Menunjukkan bukti
·         Menganalisis
·         Menanggapi/
mengomentari
·         Merefleksi
·         Mengevaluasi

II
Membaca satra
1. Siswa mampu
·         mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra
·         memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Pemahaman dan Pengetahuan 
·         Memaknai
·         Mengidentifikasi
2. Siswa mampu
·         menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (sebab onflik, akibat konflik, nilai moral)
·         - menyimpulkan hubungan antar bagian cerpen/novel
Aplikasi 
·         Menginterpretasi
·         Menggunakan
·         Menangkap

3. Siswa mampu
·         membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
·         menganalisis hubungan antar bagian karya sastra
·         membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
·         mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
·          menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra - meringkas isi karya sastra

Penalaran 
·         Membandingkan
·         Menunjukkan bukti
·         Menanggapi/mengomentari
·         Menganalisis
·         Mengevaluasi
·         Merefleksi
III
Menulis terbatas
1. Siswa mampu
·         menentukan istilah/ kata yang tepat sesuai konteks
Pemahaman dan Pengetahuan 
·         Mengidentifikasi
·         Memaknai

2. Siswa mampu
·         melengkapi unsur teks eksposisi
·         melengkapi unsur teks deskripsi
·         melengkapi unsur teks narasi
·         melengkapi teks sastra
·         melengkapi teks ulasan
·          melengkapi teks prosedur
Aplikasi 
·         Menginterpretasi
·         Menangkap
·         Menggunakan
3. Siswa mampu
·         mengurutkan unsur teks
·         memvariasikan kata yang bermakna sama - memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
·         menyusun paragraf dari beberapa data
·         menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai

Penalaran 
·         Membandingkan
·         Menunjukkan bukti
·         Menganalisis
·         Menanggapi/
mengomentari
·         Merefleksi
·         Mengevaluasi

IV
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
1. Siswa mampu
·         mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
·         mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
·         mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
·          mengartikan kata
Pemahaman dan Pengetahuan 
·         Mengidentifikasi
·         Memaknai

2. Siswa mampu
·         menggunakan istilah dalam kalimat
·          menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Aplikasi 
·         Menginterpretasi
·         Menangkap
·         Menggunakan
3. Siswa mampu
·         memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
·         memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
·          menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat paragraf
Penalaran 
·         Membandingkan
·         Menunjukkan bukti
·         Menganalisis
·         Menanggapi/
mengomentari
·         Merefleksi
·         Mengevaluasi

V.
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
1. Siswa mampu
·         mengidentifikasi kesalahan pengguanaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama kota, kata depan)
·         mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Pemahaman dan Pengetahuan 
·         Mengidentifikasi
·         Memaknai

2. Siswa mampu
·         menggunakan ejaan
·          menggunakan tanda baca
Aplikasi 
·         Menginterpretasi
·         Menangkap
·         Menggunakan
3. Siswa mampu
·         memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
·         memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
·          menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Penalaran 
·         Membandingkan
·         Menunjukkan bukti
·         Menganalisis
·         Menanggapi/
mengomentari
·         Merefleksi
·         Mengevaluasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar