KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia
NO.
|
POKOK
BAHASA
|
INDIKATOR
|
LEVEL
KOGINITIF
|
I
|
Membaca
Nonsastra
|
1. Siswa
mampu
·
memaknai
istilah
·
mengidentifikasi informasi tersurat
|
Pemahaman
dan Pengetahuan
·
Mengidentifikasi
·
Memaknai
|
2. Siswa
mampu
·
menemukan
ide pokok
·
menemukan
inti kalimat
·
menentukan
makna rujukan
·
menyimpulkan
isi tersirat dalam teks nonsastra
|
Aplikasi
·
Menginterpretasi
·
Menangkap
·
Menggunakan
|
||
3. Siswa
mampu
·
membandingkan
isi, pola penyajian, dan bahasa teks
·
menyimpulkan
perbedaan dan persamaan isi
·
membandingkan
penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi,
prosedur, editorial, ulasan/resensi)
·
mengomentari
isi teks - menunjukkan bukti suatu simpulan
|
Penalaran
·
Membandingkan
·
Menunjukkan
bukti
·
Menganalisis
·
Menanggapi/
mengomentari
·
Merefleksi
·
Mengevaluasi
|
||
II
|
Membaca
satra
|
1. Siswa
mampu
·
mengidentifikasi
kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra
·
memaknai
isi tersurat dalam karya sastra
|
Pemahaman
dan Pengetahuan
·
Memaknai
·
Mengidentifikasi
|
2. Siswa
mampu
·
menyimpulkan
isi tersirat dalam cerpen/novel (sebab onflik, akibat konflik, nilai moral)
·
-
menyimpulkan hubungan antar bagian cerpen/novel
|
Aplikasi
·
Menginterpretasi
·
Menggunakan
·
Menangkap
|
||
3. Siswa
mampu
·
membandingkan
isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
·
menganalisis
hubungan antar bagian karya sastra
·
membuktikan
simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
·
mengaitkan
isi dengan kehidupan saat ini
·
menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra -
meringkas isi karya sastra
|
Penalaran
·
Membandingkan
·
Menunjukkan
bukti
·
Menanggapi/mengomentari
·
Menganalisis
·
Mengevaluasi
·
Merefleksi
|
||
III
|
Menulis
terbatas
|
1. Siswa
mampu
·
menentukan
istilah/ kata yang tepat sesuai konteks
|
Pemahaman
dan Pengetahuan
·
Mengidentifikasi
·
Memaknai
|
2. Siswa
mampu
·
melengkapi
unsur teks eksposisi
·
melengkapi
unsur teks deskripsi
·
melengkapi
unsur teks narasi
·
melengkapi
teks sastra
·
melengkapi
teks ulasan
·
melengkapi teks prosedur
|
Aplikasi
·
Menginterpretasi
·
Menangkap
·
Menggunakan
|
||
3. Siswa
mampu
·
mengurutkan
unsur teks
·
memvariasikan
kata yang bermakna sama - memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
·
menyusun
paragraf dari beberapa data
·
menggabungkan
beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
|
Penalaran
·
Membandingkan
·
Menunjukkan
bukti
·
Menganalisis
·
Menanggapi/
mengomentari
·
Merefleksi
·
Mengevaluasi
|
||
IV
|
Menyunting
Kata, Kalimat, dan Paragraf
|
1. Siswa
mampu
·
mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata
·
mengidentifikasi
kesalahan penggunaan konjungsi
·
mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kalimat
·
mengartikan kata
|
Pemahaman
dan Pengetahuan
·
Mengidentifikasi
·
Memaknai
|
2. Siswa
mampu
·
menggunakan
istilah dalam kalimat
·
menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai
kaidah bentukan kata)
|
Aplikasi
·
Menginterpretasi
·
Menangkap
·
Menggunakan
|
||
3. Siswa
mampu
·
memperbaiki
kesalahan penggunaan kalimat
·
memperbaiki
kesalahan penggunaan paragraf
·
menentukan alasan dari segi pilihan kata,
kalimat paragraf
|
Penalaran
·
Membandingkan
·
Menunjukkan
bukti
·
Menganalisis
·
Menanggapi/
mengomentari
·
Merefleksi
·
Mengevaluasi
|
||
V.
|
Menyunting
Ejaan dan Tanda Baca
|
1. Siswa
mampu
·
mengidentifikasi
kesalahan pengguanaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama kota, kata depan)
·
mengidentifikasi
kesalahan penggunaan tanda baca
|
Pemahaman
dan Pengetahuan
·
Mengidentifikasi
·
Memaknai
|
2. Siswa
mampu
·
menggunakan
ejaan
·
menggunakan tanda baca
|
Aplikasi
·
Menginterpretasi
·
Menangkap
·
Menggunakan
|
||
3. Siswa
mampu
·
memperbaiki
kesalahan penggunaan ejaan
·
memperbaiki
kesalahan pengunaan tanda baca
·
menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan
dan tanda baca
|
Penalaran
·
Membandingkan
·
Menunjukkan
bukti
·
Menganalisis
·
Menanggapi/
mengomentari
·
Merefleksi
·
Mengevaluasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar